Perbedaan Jenis Kulkas: Fridge vs Freezer vs Showcase

Memiliki sebuah kulkas baik di rumah maupun di kantor memang sudah menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Pasalnya, setiap kali anda ingin menyimpan makanan atau minuman yang belum sempat anda konsumsi dan ingin mengkonsumsinya di kemudian hari, anda pasti membutuhkan tempat penyimpanan yang dapat mencegah pembusukan makanan atau minuman tersebut.

Umumnya, lemari pendingin atau yang biasa disebut dengan kulkas memiliki tiga jenis: fridge (kulkas biasa), freezer, dan showcase. Untuk lebih jelasnya, mari kita bandingkan ketiga jenis kulkas tersebut dari berbagai aspek.

Berikut adalah rekap perbedaan fridge vs freezer vs showcase.

Fitur Fridge Freezer Showcase
Bentuk fisik Memiliki varian 1 pintu dan 2 pintu Memiliki varian deep freezer dan chest freezer Mirip dengan kulkas jenis fridge tetapi memiliki pintu depan transparan
Fungsi Menyimpan makanan dan minuman Membekukan makanan. Juga biasa digunakan di toko es krim. Biasa digunakan penjual minuman dan makanan agar terlihat langsung dari depan
Tingkat suhu maksimal pendinginan No 2 Paling dingin (No 1) No 3
Konsumsi daya listrik No 2 Paling hemat (No 1) No 3

 

1. Bentuk Fisik

Contoh Kulkas Jenis Fridge

Contoh kulkas jenis fridge

Secara umum, tidak ada perbedaan bentuk fisik yang terlalu mencolok di antara ketiga jenis kulkas tersebut di atas. Fridge (kulkas biasa) umumnya memiliki varian yakni 1 pintu dan 2 pintu. Terlihat jelas bahwa dengan kulkas 2 pintu, anda dapat menyimpan makanan dan minuman dengan kapasitas yang lebih banyak (dengan tambahan rak di bagian belakang pintu kulkas) dibandingkan dengan yang hanya memliki 1 pintu.

Sementara itu, freezer juga umumnya terdiri dari 2 jenis, yakni deep freezer dan chest freezer. Biasanya, pada kulkas keluaran terbaru saat ini juga sudah menyediakan freezer yang menyatu dengan bagian dalam kulkas, atau fridge freezer.

Contoh Kulkas Jenis Freezer

Contoh kulkas jenis freezer

Deep freezer sendiri menyediakan beberapa slot untuk anda yang ingin membekukan makanan, atau minuman dengan pintu yang dibuka dari depan. Sedangkan chest freezer, atau yang biasa anda lihat di toko es krim, juga memiliki beberapa slot yang dapat berguna untuk membekukan makanan atau minuman. Namun, perbedaannya terletak di pintu kulkas yang harus dibuka dari atas. Selain itu, chest freezer umumnya berukuran melebar dan bukan meninggi.

Showcase adalah jenis kulkas terbaru yang sekilas mirip dengan kulkas namun terlihat berbeda dengan tampilan pintu yang transparan (dapat dilihat dari luar).

Contoh kulkas jenis showcase

Contoh kulkas jenis showcase

Sesuai dengan namanya, showcase, yang berarti “mempertunjukkan / memperlihatkan”, kulkas dengan jenis ini umumnya digunakan oleh para penjual minuman atau makanan agar barang yang mereka jual dapat terlihat langsung oleh konsumen. Selain itu, bagian dalam dari kulkas dengan jenis ini hanya berupa rak-rak yang dapat digunakan untuk menyusun makanan atau minuman dalam beberapa baris.

2. Tingkat Suhu Maksimal Pendinginan

Berdasarkan tingkat suhu terendah yang dapat dicapai dari ketiga jenis kulkas di atas, freezer masih menempati urutan pertama dengan suhu maksimal pendinginan mencapai -28℃ (pada chest freezer). Pada dasarnya, freezer memang didesain untuk membekukan air menjadi es batu, sehingga banyak penjual es krim atau makanan beku lebih memlilih menggunakan freezer untuk menyimpan barang yang mereka jual sebelum akhirnya laku di tangan konsumen. Selain itu, anda dapat menggunakan freezer di rumah anda untuk membuat es batu atau hanya sekedar menyimpan daging untuk waktu yang lebih lama (dapat bertahan sekitar 1-3 bulan).

Tempat kedua dihuni oleh fridge (kulkas biasa) dengan tingkat suhu maksimal pendinginan mencapai 0℃. Umumnya, fridge yang biasa anda gunakan di rumah hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar. Namun, anda tidak dapat menyimpan bahan mentah seperti daging atau sayuran dalam waktu yang setara dengan freezer, mungkin hanya dapat bertahan hingga beberapa hari ke depan saja. Ingat, semakin lama disimpan di dalam kulkas, kandungan gizi dari bahan mentah tersebut akan menjadi semakin berkurang juga.

Terakhir, showcase yang hanya dapat mencapai suhu maksimal pendinginan antara 0-10℃ memang cocok apabila anda ingin menaruh makanan cepat saji atau minuman berkemasan kaleng di dalamnya. Selain mudah terlihat dari luar, showcase juga memiliki karet pada pintunya yang memungkinkan untuk dibuka tutup dengan nyaman tanpa mengurangi tingkat suhu dan kesegaran di dalamnya secara signifikan. Selain itu, kemampuan pendinginan showcase bisa dua kali lebih cepat dari kulkas biasa.

3. Kapasitas dan Pengaturan Letak Barang di dalamnya

Dalam hal kapasitas penyimpanan, showcase akan terasa sangat memuaskan anda karena yang disimpan di dalamnya rata-rata adalah minuman kaleng dan juga fitur rak yang terdapat di dalamnya memungkinkan anda untuk menata minuman-minuman tersebut secara lebih rapi dan bervariasi dibandingkan dengan kulkas dengan jenis lainnya. Pintu yang transparan dan dapat terlihat dari luar akan menimbulkan kesan terhadap kapasitas yang cukup luas ketika anda melihatnya.

Freezer juga tidak kalah luasnya apabila digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman. Karena cenderung didesain melebar, anda dapat menata makanan dan minuman secara horizontal pada kulkas dengan jenis ini. Jadi, dengan kata lain, freezer memungkinkan anda untuk membekukan makanan atau minuman dengan kapasitas dan tata letak yang masih dapat diunggulkan.

Sementara itu, kulkas biasa (fridge), nampaknya lebih unggul dari segi efisiensi penggunaan tempatnya karena terdapat rak penyimpanan di bagian belakang pintunya. anda dapat meletakkan telur, susu berkemasan kemasan karton atau pouch, atau bahkan botol minuman pad arak tersebut. Namun, karena fungsinya yang hanya untuk mendinginkan makanan dan minuman, sering kali anda merasa kesulitan ketika akan mengatur tata letak yang sesuai untuk berbagai barang di dalamnya karena banyaknya slot atau bahkan ruang yang kurang luas untuk menaruh bahan mentah dengan ukuran dan jenis yang berbeda-beda.

4. Konsumsi Daya Listrik

Untuk konsumsi daya listrik yang dibutuhkan, freezer (yang tidak menyatu dengan kulkas) masih dapat dikatakan paling hemat karena pada dasarnya jarang dibuka.

Ketika kulkas dibuka, maka sebagian udara dingin di dalamnya akan keluar dan menyebabkan suhu kulkas akan naik. Untuk menurunkan kembali suhu di dalam kulkas, diperlukan energi yang besar dan tentunya daya listrik yang besar pula.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa, menurut intensitas buka-tutupnya, fridge di urutan kedua, diikuti dengan showcase sebagai jenis kelkas yang paling membutuhkan banyak energi dan daya listrik. Namun, rata-rata showcase keluaran terbaru sudah menawarkan penggunaan listrik yang lebih efisien, sehingga akan sangat cocok apabila anda sedang atau ingin membuka usaha minuman di dalam warnet atau toko.

5. Harga

Setelah mengetahui ketiga jenis kulkas di atas dari sisi yang berbeda, ada baiknya anda juga mengetahui kisaran harga dari tiap jenis kulkas tersebut. Siapa tahu, anda tertarik dan berencana untuk membelinya di kemudian hari. Untuk fridge (kulkas biasa), anda dapat membelinya dengan kisaran harga antara 1.2 juta hingga 2 juta rupiah untuk 1 pintu, dan kisaran dari 2 juta hingga 10 juta rupiah untuk fridge dengan 2 pintu. Sementara untuk freezer yang tidak menyatu dengan fridge (chest freezer), harga yang ditawarkan sekitar 2 juta hingga 5 juta rupiah tergantung dari tipe, merk, dan ukuran. Namun, apabila anda ingin membeli sebuah showcase, anda harus menyiapkan dana sekitar 2.3 juta hingga 11 juta rupiah untuk membelinya.

2 Comments

  1. Sri Wahyuni says

    APakah bisa mengajukan permohonan kredit tanpa survey ke tempat tinggal, tapi ke tempat kerja, karena saya dan suami bekerja!

    • Arjuna says

      Dear Sri Wahyuni

      Proses survey bisa ke rumah maupun ke kantor.
      Tergantung permintaan pelanggan.

      Terima kasih.

Leave A Reply